BINTANG ada, BINTANG hadir, BINTANG mendengarkan

Sunday, November 13, 2016

NYANYI LAGU DAERAH, KOK DIBILANG KOLOT SIH

Arti “keren” dan “mahasiswa” sekarang rasa-rasanya hampir identik bahkan sepadan dengan “mendaki gunung”. Sampe-sampe ada yang sempat bilang “katanya belum jadi mahasiswa seutuhnya kalau g’ mendaki gunung”
.
Never mind..... Bagi kami.....
.
Keren itu G’ Cuma bisa “main ke gunung”
.
Keren itu juga karena bisa “main di panggung”

Begitulah bunyi caption dari adik sepupu saya, Nur Indah Hasanah, di IG nya lengkap dengan postingan foto sedang menggunakan baju adat daerah Sulawesi.

Hayooo yang setuju dengan caption diatas ngacung.....
Nah saya adalah orang pertama yang akan mengacungkan tangan.

Sebagai mahasiswa memang masa-masa dimana kita merasa ingin mengeksplore lebih banyak tentang berbagai hal. Kalau sekarang sih lagi hits tuh daki gunung atau nyelam di laut, pokoknya mengexplore Indonesia menjadi sesuatu yang bergengsi dikalangan muda mudi saat ini. Tapi Indonesia tak melulu mengenai alamnya. Ada adat dan budaya yang sangat beragam yang bisa kita eksplore.

Walaupun saya pribadi sangat senang dengan kegiatan outdoor, tapi saya juga sangat senang dengan sesuatu yang berbau seni dan adat. Ada rasa bangga saat mengenakan baju adat sendiri dan bisa tampil diatas panggung. Bahkan sekarang ada rasa kangen untuk kembali mengenakan baju daerah *ntar juga make baju daerah kok, PAS NIKAH :))*

Saya akan sedikit bercerita mengenai pengalaman semasa kuliah beberapa tahun silam *ups kelihatan tuirnya*. Saya adalah lulusan Institut Teknologi Telkom yang sekarang sudah berganti menjadi Universitas Telkom *beda jaman beda nama* *makin kelihatan aja tuanya* haddeeeeh

Sebagai mahasiswa tentunya sudah sangat lekat dengan yang namanya organisasi. Dan organisasi pertama yang saya ikuti adalah UKMS (Unit Kegiatan Mahasiswa Sulawesi) dan sekarang juga sudah berganti menjadi KBMS (Keluarga Besar Mahasiswa Sulawesi) *udah ya gak usah bahas tua lagi*
Setiap tahunnya KBMS mengadakan acara Pagelaran Seni dan Budaya dimana pada acara tersebut menampilkan berbagai kesenian dari daerah Sulawesi, mulai dari tari-tarian, fashion show baju adat, hingga nyanyian lagu daerah khas Sulawesi. Menariknya, pengisi acara adalah kami-kami mahasiswa yang berdarah Sulawesi. Hal ini menjadi sarana untuk kami mahasiswa berdarah Sulawesi untuk bisa mengenal dan memperkenalkan adat dan budaya daerah Sulawesi.

Setiap acara pagelaran sebisa mungkin saya akan ikut berpartisipasi sebagai pengisi acara. Pernah jadi penari, pernah fashion show, pernah MC juga sih hehe dan sekarang  saya mencoba sesuatu yang berbeda yaitu Ansambel Musik, jadi yang megang-megang mic alias karokean *hahaha gak gak becanda* megang mic alias nyanyi, beneran nyanyi loh eike *kapan lagi suara pas-pasan bisa nyanyi di panggung* *biasa juga nyanyi klo gak di tempat karaoke ya di kamar mandi*

Lagu yang dibawakan pun tentunya lagu daerah khas Sulawesi yang di Medley yaitu Anging Mamiri, Alosi Ripolo Dua, dan satu lagi lagu khas Sulawesi Utara (asli beneran lupa saking lamanya). Musik pengiringnya disajikan dengan perpaduan antara alat musik modern dan alat musik khas daerah Sulawesi.  Kalau gak percaya nih tak kasi fotonya.

Benar-benar pengalaman yang tak terlupakan. Bisa menyanyikan lagu daerah sendiri di atas panggung di depan orang-orang dengan suku berbeda. Tidak ada terbesit sedikitpun rasa malu atau rasa minder karena menyanyikan lagu daerah. Kebanyakan muda mudi sekarang merasa dirinya kolot jika berhubungan dengan adat daerah. Mungkin sebagian dari mereka akan merasa lebih bergengsi jika bisa menyanyikan lagu bahasa asing. Padahal lagu daerah tak kalah indahnya dan tak kalah syahdunya. Di smule (aplikasi karaoke online) saya juga pernah menyanyikan lagu daerah, biasa aja tuh. Gak merasa kolot tuh. Emang kenapa? Saya kan orang Sulawesi, berdarah Sulawesi. Dikiranya lagu daerah itu cuma selera emmak2 atau selera nenek2 doank. Bahkan emmak2 juga sudah sok2an dengerin lagu korea. Ya gakpapa juga sih dengerin lagu asing tapi jangan sampai jadi kehilanggan kebanggan akan lagu daerah, apalagi lagu daerah sendiri.

Harapan saya semoga pemuda pemudi Indonesia tetap bisa melestarikan lagu khas daerah Indonesia. Minimal menyanyikan dan mengenal lagu daerah sendiri dulu. Beneran deh, lagu daerah tuh nikmat didengerin sambil ngopi ngunyah biskuit ~~ syahduuuuuu

11 comments:

  1. Gak cuma di Indonesia aja kok lagu daerah yg tidak digemari. :D karena hobi banget sama jepang dan korea, disana juga lagu daerah cenderung memiliki nada yg hanya dinikmati orangtua. Bedanya, kalau disana, lagu-lagu itu diaransemen ulang dengan gaya musik anak sekarang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh gitu ya, baru tau aku
      Sayang ya, padahal lagu daerah tuh enak2

      Delete
  2. Coba yah itu fotonya diganti video kamu nyanyi yg biasa di IG 😳😳😳 Suaramu kan enaakkk Gaaaa. Lagu apalagi slain anging mamiri dr Sulsel? Kutahunya cuma itu yg plg populer hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Foto2 dan videonya hilang bersama laptop jaman kuliah ning. Yg nyisa tinggal ini

      Banyak ning, ada alosi ripolo dua, indo logo, sulawesi parasanganta tp yg paling terkenal emang anging mamiri

      Makasih ning sdh berkunjung 😊

      Delete
    2. Setiap daerah punya nilai kesenian yang kental ya. Anak muda yang bisa musik modern belum tentu bisa musik daerah, tapi yang bisa musik daerah sudah pasti bisa musik modern. Respect luar biasa bagi yang masih mau belajar atau setidaknya ngerti tentang musik daerah :)))

      Delete
    3. Bener banget mba. Alat musiknya juga, lebih susah mainin alat musik daerah ketimbang modern.
      Kecapi ama gitar sm2 dipetik tp susahan belajar kecapi drpd gitar

      Asalny emng darimn mba?

      Delete
    4. Dari Tulungagung, Jawa Timur mbak Egha.. Pengen banget bisa nyinden jawa loh hahahah

      Delete
    5. wah keren tuh kalo bisa nyinden.
      Aku mah bisa nyanyi normal aja udah syukur hahaa

      Delete
  3. Dan aku langsung muter playlist lagu daerah dong Mbak Egha di Spotify hahahaha

    ReplyDelete
  4. Itu yang main bass siapa ga? Kayaknya ganteng deh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo ndak salah jeffry namanya. Entah dimana mi itu anak skg, masih ada ji kah.

      Klo ganteng ndaknya hanya Tuhan yg tau

      Delete

Powered by Blogger.

About Me

My Photo
Megawati Sriayu Lestari
View my complete profile
pengen kurus tapi doyan makan
pengen putih tapi hobi travelling
But I call this challenge :)))))

Followers

Instagram

EGHA_LESTARI

Popular Posts