BINTANG ada, BINTANG hadir, BINTANG mendengarkan

Friday, July 21, 2017

BERASTAGI - PAKET KOMPLIT UNTUK LIBURAN SINGKAT (Part 1)

Selalu, mencari peruntungan selama proyek di luar kota. Itulah Egha, seorang konsultan SAP yang lebih fokus nyari tempat jalan-jalan kalau lagi proyek keluar ke kota ketimbang ah yasudahlah :)))))). Tiap dapat proyek luar kota hal pertama yang dipikirin pasti “di kota itu ada wisata apa aja ya”.

Bicara mengenai pulau Sumatera, Medan adalah salah satu kota yang dari dulu memang ingin saya kunjungi. Dimana sebelumnya Padang, Bukittinggi dan sekitarnya sudah saya jajaki dan setelah Medan, Aceh menjadi destinasi selanjutnya yang saya targetkan untuk dikunjungi. Nah mumpung lagi di Medan, rasanya sangat disayangkan jika tidak meninggalkan jejak kaki minimal punya foto berlatarkan wisata eksotik yang ada di Medan

Destinasi jalan-jalan kali ini adalah Berastagi salah satu kota di dataran tinggi Karo yang jaraknya tidak terlalu jauh dari Kota Medan, hanya memerlukan waktu kurang lebih 2 jam saja. Sangat cocok untuk melarikan diri dari kepenatan dan kebisingan kota apalagi yang udah sumpek dengan layar biru (sebut saja SAP), yakin deh gak akan mengecewakan.
Pict by Egha
Kota Berastagi
Pict by Egha
Memasuki kota Berastagi, para wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan Gunung Sibayak dan Gunung Sinabung yang merupakan gunung berapi aktif yang sering dijadikan objek pendakian. Dari hasil obrolan dengan bapak driver yang mengantar kami selama trip, Berastagi juga terkenal sebagai penghasil bunga, buah dan sayur mayur. Ditandai dengan festival buah dan bunga yang sedang berlangsung saat saya dan teman-teman berkunjung ke Berastagi saat itu.

Oiya mungkin ada beberapa yang bingung tulisan yang benar Berastagi atau Brastagi. Tak perlu risau, saya pun merasakan hal yang sama hingga salah satu anggota trip menanyakan ke warga sekitar. Jadi tulisannya memang Berastagi tapi pelafalannya Brastagi. Ohhhhhhhhhhhhhhh....
Penampakan villa dan mobil yang kami gunakan selama trip
Pict by Jemmy
Belalang Tempur Army goes to Berastagi
Pict by Ade
Oke, saya akan mencoba men-list destinasi yang saya sempat kunjungi selama berada di Berastagi

Destinasi pertama, Penatapan
Ada pepatah mengatakan “mulailah hari dengan senyuman” tapi saran saya jangan, tapi “mulailah hari dengan sarapan” *dagelan krik krik*. Sarapan di Penatapan jadi pilhan tepat, walaupun dengan menu sederhana seperti mie instan, kopi jahe, teh hangat, dan jagung bakar tapi pemandangan alamnya jadi pelengkap. Kenyang di perut, kenyang di mata. Cihuy kan
Manjakan perut, manjakan mata. Anjaaaaaay
Pict by Egha
Destinasi kedua, Taman Alam Lumbini
Setelah bersantap pagi perjalanan dimulai dengan kunjungan ke salah satu tempat wisata yang akan memberikan sensasi seperti tidak sedang di Indonesia. “Indonesia rasa Thailand” ya itulah sebaris kalimat yang terlintas dibenak saya saat pertama memasukin kawasan wisata satu ini. Terletak di Desa Tongkoh, Kecamatan Dolatrayat, Kabupaten Karo terdapat bangunan kokoh berbentuk pagoda emas yang merupakan replika pagoda Shwedagon yang ada di Burma, Myanmar. Pagoda ini juga merupakan pagoda tertinggi di Indonesia, bahkan tertinggi kedua di dunia. Warga Sumatera Utara patut berbangga akan hal ini.
What an amazing structure!!
Pict by Egha & Jemmy
Pict by Aci
Hal lain yang membuat saya terkesan yaitu tidak dipungutnya biaya untuk memasuki kawasan Taman Alam Lumbini, cukup dengan mengisi buku tamu dan tidak membawa makanan dan minuman ke area wisata. Pagoda emas juga digunakan umat Buddha untuk beribadah, oleh karena itu kita harus tetap menjaga ketertiban dan sopan santun selama berada di area ini *intinya dimana pun tetap harus jaga sopan santun sih*. Pada saat masuk ke dalam pagoda diperbolehkan untuk mengambil foto tapi tidak menggunakan flash, yang menggunakan kacamata hitam pun harus dilepas, bahkan pengunjung yang menggunakan celana atau rok pendek diberikan kain namanya “kain kesopanan” untuk dililitkan untuk menutupi seluruh kaki.
Pict by Aci
Patung-patung Budha didalam pagoda emas
Pict by Egha
Puas berfoto berlatar pagoda emas, cobalah untuk melipir ke taman disekitar pagoda emas. Kalian akan mendapati taman dengan berbagai macam tanaman dan pohon yang tertata rapi, serta patung-patung bikhu dan patung-patung sepasang wanita dan laki-laki yang mengenakan baju adat khas Sumatera Utara. Para ciwi-ciwi yang takut item kak perlu kahawatir karena selama berkeliling disekitar taman, kita akan terlindungi dari sinar matahari yang terik oleh pepohonan. Jadi sepulang dari sini gak akan item-item banget kok :D
Patung lucu ini minta dibawa pulang banget
Pict by Egha
Pict by Egha
Suasana sekitar taman, tentram, rindang, damai. TInggal muter lagu Raisa, dan baper X_X
Pict by Jemmy
Patung-patung Budha disekitar taman
Pict by Egha
Cieee mojok ciee
Pict by Egha
Destinasi Ketiga, Bukit Gundaling
Ingin menikmati keindahan gunung Sibayak dan Gunung Sinabung dari kejauhan maka berkunjunglah ke Bukit Gundaling. Tempat wisata ini berada dipinggiran kota Berastagi dan berjarak sekitar 60km dari kota Medan, dapat menjadi pilihan tempat wisata untuk bersantai bersama keluarga ataupun sahabat.
Tenda-tenda untuk bersantai
Pict by Egha
Beberapa fasilitas yang ditawarkan bagi pengunjung diantaranya, ada semacam tenda-tenda untuk para pengunjung yang memilih untuk bersantai sambil gegoleran, mau boci alias bobo ciang juga bisa tuh. Atau yang mau mengelilingi daerah sekitar Bukit Gundaling tapi gak mau lelah berjalan bisa menyewa kendaraan tradisional sejenis dokar, atau langsung menunggangi kuda juga bisa. Bagi muda mudi yang mau mendapat foto yang instagram-able juga bisa. Tinggal pose-pose cantik dipinggir bukit, spot foto berlatar Gunung Sinabung yang menjadi incaran para pengunjung.
Pict by Egha
Pict by Jemmy
Terlihat Gunung Sinabung dari Bukit Gundaling
Pict by Egha
Disekitar Bukit Gundaling juga banyak terdapat tempat makan yang menawarkan makanan plus view alamnya yang tak hanya perut tapi mata juga ikut kenyang. Gak cukup sampai disitu, mau pulang tanpa tangan kosong, disepanjang jalan ada banyak toko-toko yang menjual cinderamata khas berastagi. Baju-baju yang bertuliskan Berastagi atau aksesoris dan gantungan kunci.

Perjalanan belum selesai, masih ada destinasi-destinasi lain yang gak kalah menariknya. Monggo lanjut ke part 2



0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

About Me

My Photo
Megawati Sriayu Lestari
View my complete profile
pengen kurus tapi doyan makan
pengen putih tapi hobi travelling
But I call this challenge :)))))

Followers

Instagram

EGHA_LESTARI

Popular Posts