BINTANG ada, BINTANG hadir, BINTANG mendengarkan

Sunday, October 29, 2017

CHASING CORAL, FIRST SCREENING IN JAKARTA

Sepekan lalu tepatnya tanggal 22 Oktober 2017, Seasoldier mengadakan sebuah event yang bertemakan tentang Chasing Coral yang menghadirkan tiga tamu sebagai pembicara yakni Ramon Y. Tungka (Traveler & Public Figure), Retno Tan (Fashion Art Performance), dan Adhitya Lanae (Climate Institute) serta Dinni Septianingrum sebagai moderator (Seasoldier 002). Ohya mungkin beberapa masih ada yang bertanya apa sih Seasoldier itu, suatu perkumpulan kah atau suatu komunitas kah, atau malah tentara laut hehe. Jadi Seasoldier ini adalah gerakan atau aksi yang dilakukan untuk melakukan aksi ramah lingkungan baik di darat maupun di laut. Seasoldier digagas oleh Nadine Chandrawinata, seorang aktris cantik dan Puteri Indonesia tahun 2005 yang sangat peduli terhadap lingkungan. Mungkin nanti saya akan buat tulisan sendiri khusus membahas mengenai Seasoldier.
Chasing Coral by Netflix, First Screening in Jakarta October 22nd 2017
Diawali dengan pemutaran film yang berdurasi sekitar 90 menit memberikan saya begituuuuu banyak informasi mengenai terumbu karang. Betapa menyedihkannya kondisi alam kita saat ini. Betapa besar kerusakan yang disebabkan manusia saat ini. Mungkin banyak yang belum tahu fungsi terumbu karang, antara lain sumber makanan ikan-ikan, burung laut, habitat asli biota laut, sumber obat-obatan, bahan baku, penghalang ombak besar, serta penyeimbang dan tolak ukur kesehatan laut. Banyak orang yang memandang luar angkasa, berlomba-lomba menginjakkan kaki diluar angkasa sana namun lupa bahwa ada dunia bawah laut yang begitu indah di palnet sendiri. Dunia yang merupakan sumber pendapatan dan sumber makanan makhluk hidup lain. Dunia yang jikalau rusak maka rusaklah alam semesta ini.

Kerusakan yang bermula di tahun 1980an, dimana banyak terumbu karang yang mulai memutih (bleaching). Tahun 2010 terjadi fenomena pemutihan terumbu karang yang kedua, dalam kurun waktu 5 tahun kemudian (2015) terjadi pemutihan secara global. Sungguh sangat disayangkan melihat dari waktu yang lebih singkat dari sebelumnya kita kehilangan 29%-50% terumbu karang. Semua kerusakan ini terjadi bukan karena penyakit, bukan pula karena kelebihan cahaya tapi pemutihan tersebut terjadi karena pemanasan yang tidak wajar yang tak lain disebabkan oleh pemanasan global.
Tampilan Perasaan Penonton Yang Campur Aduk Melihat Kondisi Coral Saat Ini
Terumbu karang yang memutih sebenarnya tetap hidup namun tak ada makhluk hidup yang dapat tumbuh diatasnya, tak ada proses reproduksi yang pada akhirnya terumbu karang tersebut akan mati. Terumbu karang mati, mungkin tidak menjadi perhatian besar buat kita. Tapi bayangkan jika terumbu karang itu adalah lingkungan sekitar kita tempat kita berpijak saat ini. Bayangkan jika lingkungan tempat kita hidup mulai rusak. Apakah kita bisa hidup nyaman? pertanyaan lainnya apakah kita bisa tetap hidup? Jelas Tidak!!

Dari semua kerusakan yang terjadi, seberapa banyak dari kita yang menyadarinya? Adakah diatas 50%? Saya rasa tidak. Bagaimana bisa terjadi pemutihan terumbu karang besar-besaran jika memang kita sudah menyadari dampak kerusakannya dari awal. Jujur, bahkan saya sendiri baru tersadar mengenai hal ini. Kalau sebagian orang berpikir bahwa kerusakan yang terjadi dilaut tidak ada hubungannya dengan daratan itu salah besar. Karena pemanasan global oleh ulah manusia di darat lah sehingga berdampak ke seluruh aspek kehidupan darat dan laut.

Namun semua itu belum terlambat. Kita belum terlambat untuk mengenal lebih jauh mengenai ekosistem terumbu karang. Jika memang kita masih belum bisa menjalankan sebuah proyek besar untuk mencegah kerusakan ini, minimal dengan tidak membuang sampah sembarangan salah satu aksi kecil untuk dampak besar bagi lingkungan. Memulai untuk peka terhadap kondisi lingkungan sekitar.

Setelah pemutaran film, berlanjut dengan talkshow dan sesi tanya jawab bersama tamu pembicara. Performance dari Pelangi Samudera, serta doorprize hadiah menarik dari Seasoldier. Jadi yang gak dateng acara ini rugiiiii bangetttt!!
Talkshow Setelah Pemutaran Film Chasing Coral
Di sesi talkshow, para pembicara membagi ilmu dan pengalaman mereka. Bg Ramon Y Tungka yang membagi cerita saat travelling. Travelling bukan cuman sekedar jalan-jalannya doank tapi lebih mengenai attitude. Kemudian pembicara kedua Mba Ratna Tan dari Pelangi Samudera, cintanya terhadap terumbu karang dituangkan dalam sebuah karya dibidang fashion dan seni teri yang semuanya bertema terumbu karang. Dan terakhir Mas Adhitya Lanae dari Climate Institute yang ngasih tau kalau perubahan iklim dapat mempengaruhi suhu air laut menjadi meningkat.
Jejeran Orang2 Hebat Di Acara Ini
Tapi buat yang belum sempat hadir, saya yakin Seasoldier akan kembali mengadakan event-event lain yang gak kalah penting dan gak kalah serunya. Kalian bisa pantengin Instagram seasoldier @Seasoldier_ untuk tau info mengenai seasoldier dan event-event mendatang yang bakal diadakan.
Dan buat yang mau nonton filmnya, bisa free streaming di Netflix tapi harus punya akunnya dulu.

Ayolah para muda mudi, jangan hanya berpangku tangan menyaksikan kerusakan yang terjadi di alam semesta. Atau parahnya malah berperan sebagai pelaku kerusakan. Menjadikan travelling sebagai lifestyle memang gak ada salahnya tapi ingat untuk tidak membuang sampah di tempat yang kita tuju. Ngerasa keren karena punya kamera mahal, punya hasil foto yang instagramable, like di Instagram ratusan gak ada salahnya, tapi jika dibelakang semua itu malah mengorbankan lingkungan sekitar itu namanya gak punya otak. Gak ada sisi kerennya sama sekali.
Foto Bersama Seluruh Peserta dan Pengisi Acara
Dalam suasana Sumpah Pemuda 28 Oktober, semoga tulisan singkat saya yang jauh dari sempurna ini bisa memberikan informasi penting. Bisa menjadi ajang untuk menggerakkan yang lain agar sama-sama menjaga alam semesta.

INI AKSIKU MANA AKSIMU??

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

About Me

My Photo
Megawati Sriayu Lestari
View my complete profile
pengen kurus tapi doyan makan
pengen putih tapi hobi travelling
But I call this challenge :)))))

Followers

Instagram

EGHA_LESTARI

Popular Posts