BINTANG ada, BINTANG hadir, BINTANG mendengarkan

Wednesday, November 8, 2017

RAGUNAN, OLAHRAGA NYAMBI BERWISATA

Berawal dari ajakan salah satu teman kosan dan sekaligus teman kantor juga Ahmad Arifin “mbak, besok jogging gak?”. “Yukkk pin, udah lama gue gak jogging nih”. Dan keesokan harinya, start jam 6 dari kosan menuju tempat jogging, GOR Ragunan. Jalan kaki dari kosan, paling sekitar 15 menit. Sesampai di lokasi sudah ramai dengan orang-orang dengan kostum sport siap berolahraga, baik tua maupun muda bahkan anak bocah krucil-krucil juga ada.
Masyarakat Yang Masih Sadar Akan Pentingnya Olahraga
Yang awalnya niat cuman jogging malah berlanjut berwisata ke Kebun Binatang Ragunan. Mumpung lokasinya memang dekat dari tempat jogging. Dan jujur, saya memang belum pernah ke Kebun Binatang Ragunan *egha katrok deh* *jadi malu sendiri*.

Untuk akses masuk ke kebun binatang menggunakan kartu JakCard. Di kartunya sih gak ada tulisan masa berlakunya, artinya berlaku seumur hidup. JakCard juga bisa digunakan untuk akses busway dan kereta api. Jadi multifungis gitu deh. Tidak ada jumlah minimum untuk registrasi/pembelian pertama kartu. Kalau saldonya habis, bisa di top up.
Kartu Jakcard Buat Akses Masuk Kebun Binatang
Karena luas area di Ragunan memang lumayan luas jadi saya sarankan meminjam sepeda. Telah disediakan beberapa tempat untuk peminjaman sepeda dengan biaya Rp 10.000 untuk sepeda  single dan Rp 15.000 untuk sepeda tandem. Selain membayar biaya peminjaman, kalian juga harus menyerahkan KTP sebagai jaminan pinjaman. Tapi karena saat itu kami tidak membawa KTP karena niatnya cuman jogging jadi tanpa alasan apapun kami tidak bisa menyewa sepeda. Oke fine.

Gak pakai sepeda, jalan kaki pun jadi. Tapi hasilnya gempor hahaha. Sebenarnya memang lebih enak bersepeda, selain energi yang tidak terlalu terkuras, jadi bisa lebih puas mengelilingi semua spot di Ragunan. Abis jogging, jalan kaki keliling Ragunan, alhasil banyak spot yang terlewatkan.


Oiya di Ragunan bisa buat jogging juga loh. Pas saya kesana beberapa ada yang jogging, bahkan saat itu ada event lari juga. Eh iya, ada kantor yang lagi gathering juga malah.

Kalau yang beranggapan ke Ragunan itu membosankan karena cuman liat binatang aja, sepertinya mindset nya harus dibenerin deh. Tempat ini multifungsi banget, sebenarnya banyak hal positif yang bisa kita lakukan disini. Liburan bersama keluarga sambal mengenalkan anak-anak dengan binatang bisa disini. Sekedar menggelar tikar dan duduk bersantai juga bisa, apalagi udara didalam sangat bersahabat dan jauuuuh dari polusi. Belum lagi tempatnya yang sangat bersih. Mau menjadikan tempat untuk berolahraga juga bisa.



Siapa bilang liburan itu harus keluar kota, harus keluar Jakarta. Waktu terbatas, budget terbatas trus gak bisa liburan? SALAH BESAR. Liburan itukan berasal dari kata “libur” dan berakhiran -an. Yang menurut pengertian saya, liburan berarti berhenti dari segala macam kegiatan yang menguras otak, yang lebih mengarah ke pekerjaan. Istirahat dari memandang laptop, istirahat dari memandang gadget.

Sebenarnya bukan cuman di Ragunan, tapi masih banyak tempat-tempat lain di Jakarta yang bisa dijadikan sebagai referensi liburan. Mungkin karena kita terlalu terpengaruh oleh foto-foto di Instagram yang menampilkan alam Indonesia di berbagai pelosok jadi merasa kalau liburan itu kalau ke pantai atau gunung. Kembali lagi ke pribadi masing-masing memaknai kata “Liburan”.
Ada Tempat Bermain Anak Juga
Sejarah Singkat Taman Margawatwa Ragunan
Kalo Masih Ada Yang Buang Sampah Sembarangan. KETERLALUAN!!
Waktu sudah menjelang siang. Jogging + jalan keliling Ragunan cukup bikin kaki cenat-cenut. “Pin balik yuk, gue udah laper nih”. “Yuk mbak, baliknya kita naik ojek aja. Kayaknya jalan kaki ke kosan sudah tak sanggup”. Hahahaha setuju pake bangeeet.

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

About Me

My Photo
Megawati Sriayu Lestari
View my complete profile
pengen kurus tapi doyan makan
pengen putih tapi hobi travelling
But I call this challenge :)))))

Followers

Instagram

EGHA_LESTARI

Popular Posts