BINTANG ada, BINTANG hadir, BINTANG mendengarkan

Wednesday, February 21, 2018

BEACH CLEAN UP TO CARE WITH SEASOLDIER

Inilah Kami "Tim Sumbu Pendek" - Kata Kak Dinni
Fakta mengenai sampah sudah menjadi permasalahan klasik yang cukup meresahkan. Bahkan sudah bukan hal tabu lagi, Indonesia tercatat sebagai negara penyumbang sampah plastik ke laut terbesar kedua didunia. DI DUNIA LOH! Padahal banyak yang bilang, Indonesia tuh layaknya surga yang turun ke bumi, karena keindahan alam yang dimilikinya. Siapa sangka dibalik semua keindahan itu, ada segunung permasalahan yang tersimpan, yaitu Sampah. Ironis

Berbicara mengenai bencana yang terjadi karena sampah, sepertinya tak usah didiktekan lagi. Bukti nyata sudah sangat sering kita lihat bahkan kita alami sendiri. Kejadian 13 tahun lalu yang terjadi di TPA di Leuwigajah Jawa Barat, tepatnya tanggal 21 Februari 2005 yang menelan ratusan korban jiwa bahkan menghilangkan 2 kampung adat dari peta rasanya sudah cukup jadi tamparan berat untuk kita semua untuk semakin peduli terhadap lingkungan. Sejak kejadian tersebut, diperingatilah tanggal 21 Februari sebagai Hari Peduli Sampah Nasional dan Indonesia ditargetkan dapat bersih dari sampah pada tahun 2020.
Papan Himbauan Ini Dibuat Bukan Untuk Spot Foto Tapi Untuk DiResapi Maknanya
Namun bukti nyata apa yang telah kita sumbangkan untuk mengurangi permasalahan sampah yang telah terjadi di negeri ini. Atau tanggal 21 Februari selalu terlewati dengan hanya sekedar seremonial belaka? Atau mungkin hanya dengan teriak di postingan social media Selamat Hari Peduli Sampah Nasional ya gaesss, tanpa benar-benar melakukan sebuah aksi nyata? Orang teriak, kita pun ikut teriak tanpa memaknai lebih dalam arti Hari Peduli Sampah Nasional itu sendiri. Cukup dijawab didalam hati masing-masing saja.

Nah..Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional. Serta sebagai pengingat dua tahun menuju target “Indonesia Bebas Sampah 2020”, #SEASOLDIER turut andil menyumbangkan aksi nyata berupa kegiatan bersih-bersih sampah yang berlokasi di Pantai Tanjung Pasir, Kecamatan Teluk Naga, Tangerang, Banten.

Singkat mengenai #SEASOLDIER, #SEASOLDIER adalah adalah sebuah aksi peduli lingkungan dan penyelamat lingkungan yang memiliki komitmen untuk berani menyebarkan virus ramah lingkungan yang digagas oleh Nadine Chandrawinata, seorang aktris cantik dan puteri Indonesia tahun 2005. Sebuah langkah nyata dalam menjaga dan menyebarluaskan kepada masyarakat tentang apa yang dapat dilakukan dalam rutinitas sehari-hari sehingga menjadi sebuah kebiasaan yang positif. #SEASOLDIER bukan komunitas, tetapi aksi diri.

Kalau mau liat postingan saya yang lain mengenai aksi #SEASOLDIER, sok mangga klik dimari. Atau bisa langsung kepoin Instagramnya @seasoldier_ kalau mau tau lebih detail.
Co Fouder #SEASOLDIER - Dinni Septianingrum
“Beach Clean Up To Care” sebuah tema yang diusung #SEASOLDIER dalam kegiatan yang dilakukan pada Minggu, 18 Februari kemaren dengan melibatkan beberapa rekan-rekan volunteer dari PMI Se-Kecamatan Teluk Naga, peserta dari berbagai komunitas salah satunya dari KeMangteer Jakarta, dan teman-teman yang bukan dari komunitas manapun tapi memiliki rasa tanggung jawab besar untuk berkontribusi dalam penyebaran virus ramah lingkungan, serta teman-teman dari #SEASOLDIER Jakarta.

Serangkaian kegiatan, mulai dari pengenalan masing-masing peserta, pembersihan area pantai dibawah terik matahari menyengat, pemberian materi mengenai Sampah Organik & NonOrganik yang dibawakan oleh Kak Didie Diah selaku Narasumber, penyerahan donasi berupa tempat sampah dari #SEASOLDIER ke pihak pengelola Pantai Tanjung Pasir, sharing session dengan peserta sekaligus pemberian doorprize dari sponsor @amiraadventure , @tiraripa , @reispirasi , @littlefairness dan @prasanthihotels, makan siang bersama, dan terakhir diabadikan dengan foto bersama volunteer, peserta dan panitia.
Pembukaan Oleh Ketua - Wawan Muliawan
Sambutan Dari PMI Teluk Naga - Mas Fajar
Kami dari #SEASOLDIER mengharapkan dengan adanya kegiatan “Beach Clean Up To Care” dapat menciptakan kondisi pantai yang lebih bersih dari sebelumnya. Dengan tempat sampah yang didonasikan oleh #SEASOLDIER juga diharapkan menumbuhkan kesadaran masayarakat mengenai pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Dengan kondisi pantai yang jauh lebih bersih dari sampah, maka akan tercipta suasana yang nyaman dan tentunya Pantai Tanjung Pasir bisa menjadi Pantai yang ramai akan wisatawan.
Bersih-Bersih Pantai
Berkarung-Karung Sampah Hasil Bersih-Bersih Pantai

Para Panitia Dari Yang Sok Sibuk Ampe Yang Sibuk Beneran :))))))
Wujud Tempat Sampah Donasi
Namun tak selamanya harus menunggu tanggal 21 Februari dulu, baru akan melakukan aksi. Karena untuk saya pribadi setiap hari bisa kita jadikan sebagai Hari Peduli Sampah, setiap hari kita harus peduli terhadap lingkungan, setiap hari kita harus punya target “Sudahkah Saya Menyebar Virus Ramah Lingkungan Hari Ini”. SETIAP HARI!!
Jadi Siapkah Anda Untuk Memulai Kebiasaan Baru?
Tulisan saya yang sebetulnya masih jauh dari sempurna ini, saya jadikan sebagai reminder untuk diri sendiri, bukan untuk memojokkan apalagi saling menuduh. Sudah bukan saatnya untuk  saling menyalahkan diatas permasalahan yang sudah terjadi. Tindak lanjutnya adalah bagaimana saling mencari pemecah solusi terhadap masalah sampah yang jika berlanjut mungkin akan menjadi pembunuh manusia dikemudian hari.

SELASA, 21 FEBRUARI 2018.. SELAMAT HARI PEDULI SAMPAH NASIONAL!
Volunteer, Peserta, dan Panitia Beach Clean Up To Care #brani
INI AKSIKU!!


MANA AKSIMU!!

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

About Me

My Photo
Megawati Sriayu Lestari
View my complete profile
pengen kurus tapi doyan makan
pengen putih tapi hobi travelling
But I call this challenge :)))))

Followers

Instagram

EGHA_LESTARI

Popular Posts